Dalam Undang-undang menyatakan bahwa masyarakat berhak memperoleh pendidikan. Di Indonesia sendiri banyak lembaga pendidikan baik yang dikelola pemerintah, swasta maupun yayasan. Lembaga-lembaga pendidikan ini mempunyai karakteristik tersendiri tergantung dari yayasan yang menyelenggarakannya.bagi yang memeluk agama islam ada Pondok pesantren yang terfokus mempelajari ajaran agama secara mendalam, juga ada madrasah yang mengkombinasikan antara pelajaran agama dengan pelajaran umum,dan sekolah umum yang fokus mempelajari pelajaran umum. Ketiga lembaga ini sama-sama mempunyai peran untuk memberikan Ilmu dan memberdayakan masyarakat. Orang tua bisa memilih sesuai dengan minat dan keinginan anaknya. Bagi orang yang hendak menguasai pendidikan umum mereka bisa memilih jalur pendidikan umum, bagi mereka yang hendak mendalami dan menguasai pendidikan agama, mereka bisa memilih lembaga pendidikan pesantren, dan bagi yang berkeinginan ingin mengerti dan memahami kedua-duanya (agama dan umum) bisa mengambil jalur madrasah.
Pondok pesantren dan madrasah adalah instansi yang mempunyai tujuan sama, namun berbeda dalam pengelolaannya. Diantara kedua lembaga ini masing-masing mempunyai ciri khas. Dari sini dalam makalah ini ingin membahas lebih jauh terkait kebijakan pemerintah dengan dua lembaga pendidikan ini.
Madrasah mengandung arti tempat atau wahana anak mengenyam proses pembelajaran. Maksudnya adalah, di madrasah inilah anak menjalani proses belajar secara terarah, terpimpin, dan terkendali. Dengan demikian, secara teknis madsarah menggambarkan proses pembelajaran secara formal yang tidak berbeda dengan sekolah. Hanya dalam lingkup kultural, madarasah ini mempunyai konotasi spesifik. Yakni sebagai lembaga pendidikan yang dalam proses pembelajaran dan pendidikannya menitikberatkan pada persoalan agama. Kata madrasah, yang secara harfiah identik dengan sekolah agama, lambat laun sesuai dengan perjalan peradaban bangsa mengalami perubahan dalam meteri pelajaran yang diberikan kepada anak peserta didiknya, madrasah dalam kegiatan pembelajarannya mulai menambah dengan mata pelajaran umum yang tidak melepaskan diri dari makna asalnya yang sesuai dengan ikatan budayanya, yakni budaya Islam.
MTS Salafiyah Mojogeneng adalah madrasah yang memegang erat budaya Islam. Merupakan sekolah umum berciri khas Islam. Ciri khas Islam, terdapatnya mata pelajaran Aqidah Akhlak, Al-Quran Hadits, Fiqih, Sejarah Kebudayaan Islam dan Bahasa Arab yang membedakannya dengan sekolah.
No comments:
Post a Comment